Sabtu, 30 Juni 2012

Cara merawat baterai laptop

Laptop tidak lagi menjadi barang langka lagi, semua orang saat ini mungkin tidak merasa asing dengan barang yang satu ini lagi. Tapi sekarang saya akan membahas tentang baterai laptop bukan laptopnya, yuups tepat yaitu tentang tips merawat baterai laptop agar tetap awet.


Berikut cara perawatanya:
1.Jangan pernah memakai charger sembarangan.
Jika suatu saat charger laptop kita rusak, jangan sekali2 memakai charger yang tidak kompatibel dengan laptop kita. Minimal kita jangan memakai charger dari laptop yang berbeda merk, sekalipun keadaannya sangat darurat. Karena setiap charger dan baterai memiliki karakter arus dan voltase sendiri2. Memakai charger yang tidak kompatibel bisa membuat baterai laptop anda cepat rusak bahkan bisa panas dan meledak. serta mengurangi daya tahan keawetan baterainya.

2. Saat menggunakan laptop anda jangan dalam posisi dipangku
Karna saat laptop anda dipangku akan bisa menyumbat ventilasi kipas yang akan mengakibatkan laptop akan panas dengan cepat. Bukan hanya itu kondisi suhu tubuh kita yang cenderung panas akan ikut berpastisipasi membuat laptop kita akan cepat panas. Panas yang terlalu berlebihan akan mengakibatkan sel-sel baterai laptop kita akan cepat rusak

3. jangan benturkan, goncangkan baterai laptop
Kita dilarang menggoncangkan baterai atau memberturkan baterai dengan keras ataupun agak keras karna akan mengakibatkan terguncangnya sel baterai yang ada di dalamnya, dan mengakibatkan sel-selnya akan cepat rusak. ibarat jika meghnet butan dibenturkan dengan keras akan membuat kekuatannya menghilang.

4. Membersihkan logam kontak ( logam penghubung) 
Anda juga harus membersihkan logam kontak (logam penghubung ) baterai laptop secara berkala menggunakan kain bersih yang dibasahi dengan alkohol. Hal ini akan membuat kontak catu daya dari baterai ke laptop menjadi efisien.

5. Gunakan kipas luar
Gunakanlah kipas bantuan yang dicolokin di port usb  jika anda menggunakan laptop dalam jangka waku yang cukup lama.

6. Isi ulang dengan sewajarnya
Pengisian baterai laptop jangan terlalu lama jika terlalu lama bisa mengakibatkan hal yang tidak diinginkan terjadi. Cukuplah jika sudah penuh segera dicabut. Intinya anda tidak boleh lengah

7. Lepas jika anda bermain game berat kalau ada arus listrik
Usaha jika anda bermain game yang cukup menguras baterai anda lepas baterai laptop anda dan ganti dengan charger jika ada sumber arus listrik serta situasi memungkinkan

8. Mematikan jadwal seperti update anti-virus online, dapat memperpanjang  umur baterai laptop anda.
Update-lah anti virus anda dengan teratur jangan setiap kali anda online anda mengupdatenya.

9. Selalu cek kebersihan baterai.
Bersihkan selalu debu-debu di kontak baterai atau metal-metal yang ada, Jangan sampai ada klip kertas atau logam-logam lain yang bisa menghubungkan kontak-konatak tersebut. Jika hal itu terjadi bisa-biasa laptop dan baterai anda mengalami hubungan pendek. Bahkan debu yang kecil sekalipun berpotensi membuat konektor metal baterai terkorosi dan berkarat.

10. Baca buku petunjuk
Dengan membaca buku petunjuk anda dengan seksama dapat menambah umur baterai serta laptop anda
  

Diatas adalah segelintir cara dari banyak cara dalam merawat baterai laptop anda

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...