Selasa, 29 Mei 2012

Makalah K3 dan Haki


                                         makalah k3 dan Haki


·         Pendahuluan
Dalam maklah ini akan membahas tentang hak intelektuel dan k 3( kesehatan dan keselamatan kerja) Pemakaian computer saat ini jauh berbeda dibandingkan dengan 7-10 tahun yang lalu.
Hampir semua aspek pekerjaaan, baik disektor bisnis dan perkantoran maupun Industri Telah memanfaatkan dukungan teknologi dan perangkat computer.
K 3 ( kesehatan dan keselamatan kerja )
A. Dalam bab ini akan dibahas cara-cara mengatasi gangguan kesehatan tersebut

B. Gangguan kesehatan pemakaian computer
            Gangguan kesehatan akibat pemakaian computer yamg salah dapat dikelompokan menjadi 3 yaitu,
1.      Gangguan pada bagian mata dan kepala
Gangguan mata dan kepala sering disebut dengan computer vision syndrome, mulai dari nyeri atau sakit kepala, mata kering dan iritasi, mata lelah, hingga gangguan yang lebih serius kemampuan pokus mata menjadi lemah , pngelihatan kabur (astigmatisma, myopi, presbyopi), pengelihatan ganda, hingga disorientasi warna.

2.      Gangguan pada lengan dan tangan
       Gangguan pada lengan dan tangan sering disebut carpal tuner syndrome (c t s)
Cts yaitu terjepitnya syarafdi bagian pergelangan yang menyebabkan nyeri disekujur tangan ini harus segera diatasi.
Penyebab CTS adalah sebagai berikut
1.      Pekerjaan berulang – ulang
2.      Pemakaian tenaga berlebihan
3.      Tekanan terus-menerus
4.      Getaran

3.      Gangguan pada leher, pundak and punggung
Kelompok gangguan lainya berupa nyeri pada bagian leher, pundak, punggung, dan pinggang nyeri di bagian ini sering pula mengakibatkan gangguan nyeri di bagian paha dan betis.



C. cara menanggulangi gangguan keshatan dan kelelahan     
            Ada beberapa cara atau latihan yang bias dikerjakan untuk menghindari gangguan kesehatan seperti menghindari C T S untuk menghindari kelelahan.
1.      Menghindari C T S
C T S ini terjadi pada daerah tangan, maka aktivitas unuk menghindari C T S  adalah putar kepalan tangan ke atas, ke bawah, ke kiri, ke kanan.
2.      Menghindari kelelahan
Berikut cara mengatasi rasa lelah
a.      Rasa lelah pada bahu
Rasa lelah pada bahu ini terjadi karena operator bekerja dengan kondisi bahu yang statis mengakibatkan bahu tegang dan muncul rasa lelah dan sakit pada kedua bahu
Cara mengatasinya yaitu, angkat kedua bahu mendekati telinga, tahan , ulangi dan lakukan beberapa kali
b.      Rasa lelah pada leher
Operator computer sering mengalami rasa sakit di leher dan kepala. Kondisi ini karena operator  terus menerus melihat layar monitor
Cara mengatasinya, gerakan kepala kea rah belakang sampai posisi dagu tegak sejajar dengan lantai, cara ini baik untuk otot sekitar leher.
c.       Rasa lelah pada bagian punggung bagian tengah
Cara mengatasinya tarik punggung dengan siku. Sma artinya dengan menekan tulang belikat bersama sama dan tahan sebentar.

d.      Rasa lelah pada pergelangan tangan
Ini diakibatkan posisi keyboard tidak sejajar.
Cara mengatasinya pertama, gerakan tangan secara melingkar dengan pelan. Kesatu arah, kemudian sebaliknya, dan keatas kebawah.

e.      Rasa lelah pada jari tangan
Akibat cara menekan tut keyboard yang salah.
Cara mengatasinya, kepalkan jari tangan dan tahan beberapa detik, ulangi beberapa kali dengan lemah lembut.

f.        Rasa lelah pada pinggang
Duduk yang cukup lama mengakibatkan rasa sakit pada pinggang.
Cara mengatasinya berdiri dengan kaki meregang secara terpisah pada suatu jarak yang nyaman ulangi secra lemah lembut

g.      Rasa lelah padp pergelangan kaki
Posisi duduk statis yang dilakukan operator mengakibatkan rasa lelah pada pergelangan kaki. Kondisi ini kalau dibiarkan cukup lama akan mengakibatkan kesemutan pada kaki.
Cara mengatasinya , gerakan kaki melingkar dengan perlahan-lahan, lakukan pada satu arah dan kemudian sebaliknya, gerakan kaki dengan gerakan menunjuk dan lenturkan. Ulangi berapa kali.

h.      Gangguan pada mata
Rasa tidak nyaman pada mata meliputi rasa pedih, gatal , dan pandangan jadi kabur ini sering terjadi pada mata operaor.
Cara mengatasinya ,
1.      Penyembunyian
Tutupkan tangan pada mata serta tahan selama satu menit. Istirahat ini melindungi mata dari cahaya.
2.      Mengejapkan
Sering mengejapkan mata akan membantu mata menjadi lembap. Gerakan mengejapkan mata juga dapat membantu mencegah rasa gatal dan membantu membersihkan mata.
3.      Pemfokusan kembali
Mengubah pemandangan dilayar pada satu objek sejauh 20 kaki.
 D. peralatan pada stasiun kerja computer
            Peralatan yang igunakan pada stasiun kerja computer meliputi,
1.      Mouse
2.      Monitor computer
3.      Keyboard
4.      Meja computer     


5.      Sikap kerja tidak benar
Operator kaomputer sering bekerja dengan posisi tubuh tidak sesuai dengan prinsip ergonomi. Akibatnya operator computer ini akan merasa cepat lelah.
Contohnya,
-operator computer yang terlalu membungkuk akan mengakibatkan rasa lelah pada bahu, tengkuk, dan punggung.
-letak keyboard yang terlalu jauh ini mrngakibatkan posisi tangan kita mengetik       harus menjangkau kedepan kondisi ini mengakibatkan rasa lelah pad lengan bagian atas.
- letak computer yang terlalu dekat menyebabkan rasa lelah pada bagian lengan atas
 Karna waktu mengetik lengan atas harus menggantung selain itu posisi lengan bawah menjadi tidak alamiah.

E. pengaturan stasiun kerja computer
1.      Tempat kerja
a.      Cuku tempat di meja untuk perangkat computer
b.      Atur meja dengan mempertimbangkan cara perangkat itu akan digunakan dan mudah dijangkau.
c.       Atur pencahayaan rung kerja secara optimal.
d.      Buku , laporan, dan dokumen lainya diletakan pada dekat monitor agar mudah dijangkau.
2.      Keyboard
a.      Posisikan keyboard sehingga lengan anda dalam posisi relaks dan nyaman
b.      Pundak dalam posisi relaks dan tidak tegang serta terangkat ke atas
c.       Pergelangan lengan harus lurus
d.      Ketika mengetik, tangan harus harus ikut bergeser ke kiri kanan sehinggan jari tidak dipaksa meraih tombol.
e.      Jangan memukul tombol agar jari tetap nyaman.
f.        Pertimbangkan untuk memanfaatkan keyboard ergonomic yang dirancang untuk pengguna contohnya keyboard qwerty yang ada disemua computer, bagi pebgguna yang gemuk mungkin kesulitan menggunakan keyboard jenis qwerty ini, sebaiknya menggunakan keyboard alternative seperti jenis split yang akan mengurangi penyimpangan pergelangan tangan
                
g.      Memanfaatkan fitur shortcut dan macro untuk untuk melakukan suatu aktisitas computer, cth: ctrl+a

3.      Mouse
a.      Tempatkan mouse dekat di permukaan yang sama dengan keyboard, sehingga dapat diraih dengan mudah.
b.      Pegang mouse secara ringan dan klik dengan tegas.
c.       Untuk jenis rolling-ball mouse, bersihkan secara periodic karena mouse yang kotor akan mengganggu pergerakan kursor dan menyebabkan pergelangan tangan menjadi tegang.
d.      Pertimbangkan untuk menggunakan scrool point mouse, sehingga gerakan scrolling di layar dapat lebih mudah dilakukan.
e.      Gunakan optical mouse untuk mempperoleh gerakan kursor yang lebih presisi.
4.      Monitor
a.      Posisi layar sedemikian rupa sehingga dapat meminimalkan pantulan cahaya dari lampu, jendela, atau sumber lainya.
b.      Untuk kenyamanan, atur sehingga mata sama tinggix dengan tepi atas layar, sekitar 5-6 cm di bawah bagian atas casing monitor.
c.       Atur posisi sehingga jarak anda dan monitor berkisar 50-60 cm.
d.      Posisi monitor tepat lurus didepan anda.
e.      Sedikit tengadahkan monitor sehingga bagian atas monitor sedikit ke belakang.
f.        Atur level brighnest dan contras.
g.      Bersihkan layar monitor secara periodic.
h.      Apabila anda mengalami kesulitan untuk melihat tampilan layar dengan jark 50-60cm, coba besarkan tampilan atau resolusi layar, dan atur warna atau ukuran font apabila perlu.
5.      Kursi
a.      Paha anda pada posisi horizontal dan punggung bagian bawah atau pinggang anda terdukung.
b.      Bila kursi kurang dapat diatur, bagian bawah punggung dapat diberi bantal.
c.       Telapak kaki harus dapat menumpu secara rata.
d.      Kadang-kadang ubah posisi duduk, agar tetap nyaman.
6.      Penyangga Kaki
Kaki harus di topang dan paha setidaknya parallel dengan lantai , maka penopang kaki direkomendasikan untuk membawa lantai tersebut menyentuh kaki.
Tujuan penopang kaki,
a.      Memberikan suatu sandaran untuk kaki bagi orang bertubuh pendek.
b.      Menyediakan variasi posisi untuk kaki pad saat berdiri.
c.       Memnerikan dukungan pada salah satu kaki dengan waktu tertentu sebagai  variasi.  
7.      Bantalan punggung
Tujuan dari bantalan punggung ini untuk melindungi bagian bawah tulang belakang. Idealnya perlindungan terhadap tulang belakang bagian bawah harus sudah menjadi bagian dari kursi itu sendiri.
8.      Pemegang dokumen.
Pemegang dokumen dapat membantu dalam penempatan material yang tepat.
9.      Tudung pelindung
Tudung pelindung ini untuk mengurangi cahaya yang menyilaukan atau pantulan cahaya pada layar computer.
10.  Pandangan menyilaukan
Pandangan menyilaukan yang terjadi pada layar monitor dapat juga menjadi suatu masalah jika hal ini menyebabkan mata membuat penyesuaian yang tidak disadari dari pemantuan itu.
Sumber-sumber cahaya meliputi,
a.      Jendela
b.      Cahaya dari belakang
c.       Lampu lantai
d.      Cahaya dari computer lain
e.      Kaca
f.        Cahaya langit

F. Cara mengguanakan kompuetr yang baik dan benar
Berikut pedoman cara menggunakan fasilitas computer,
1.      Variasi dalam bekerja dan istirahat atau break secara periodic. Hal ini mengurangi kemungkianan kelelahan dan ketidaknyamanan. Ikuti aturan 20/20/20, yaitu setiap 20 mqnit bekerja, break selama 20 detik, dengan alihkan pandangan kejarak kurang lebih 6 meter.
2.      Mengambil nafas merupakan fungsi yang otomatis, tetapi ketika berkonsentrasi di depan layar monitor cenderung sering menahan nafas, terlebih apabila pekerjaan diburu waktu. Ambil beberapa detik untuk untuk menarik nafas, dan berkediplah yang teratur.
G. Kebisingan daan radiasi
Perangkat computer merupakan prangkat elektronis yang telah didesain untuk digunakan di lingkungan perkanoran yang tenang. Setandar kebisingan yang aman  untuk pemakaian elektronik adalah 40-45 dBdi jarak satu meter dari sumber.
Kebisingan spu sebagian besar disebabkan oleh colling fan, baik colling fan fower unit, processor display adapter, dan piringan hardisk. lankah antisipasi perlunya adalah pemilihan perangkat yang memenuhi standar kebisingan yang ditetapkan. 
H A K I (HAK INTELEKTUAL)

Ø  Standar Kompetensi :
                3. Memahami ketentuan penggunaan teknologi              
                    informasi dan komunikasi
Ø  Kompetensi Dasar :
                3.1. Menerapkan aturan yang berkaitan dengan etika dan moral terhadap perangkat keras dan                        perangkat lunak teknologi informasi dan         
              komunikasi
v  Etika
Kata Etika berasal dari bahasa yunani, ethos atau ta etha yang berarti kebiasaan atau adat istiadat. Menurut Aristoteles, etika digunakan untuk menunjukkan filsafat moral yang menjelaskan fakta moral tentang nilai dan norma moral. Kata moral berasal dari bahasa latin , mos atau mores yang berarti kelakuan, tabiat, watak dan cara hidup.
Dengan demikian, etika adalah ilmu tentang ajaran-ajaran moral dengan pemikiran rasional dan sistematis.
Etika dan moral dalam penggunaan teknologi informasi perlu mendapat perhatian. Fungsi etika dan moral tersebut perlu diterapkan terhadap perangkat lunak atau software. Perangkat lunak merupakan bagian dari kekayaan intelektual
v  HAKI
Kekayaan intelektual merupakan hasil pemikiran manusia yang perlu mendapatkan perlindungan hukum dari pembajakan maupun tindakan ilegal lainnya. Dibawah ini telah diuraikan yang termasuk dalam kekayaan intelektual ( HAKI ) adalah :
       Hak Cipta ( Copyright ),
       Merk Dagang ( Trademark ),
       Patent,
       Desain produk industri ( Industrial Design ),


Buku, CD-ROM dan kaset tape adalah bentuk fisik yang mempunyai paten dan hak cipta.
Hak cipta adalah hak eksklusif bagi pencipta untuk mengumumkan atau memperbanyak hasil ciptaannya dengan memperhatikan peraturan perundang-undangan yang berlaku
v  Hak Cipta Perangkat Lunak
Bagaimana dengan bentuk digital seperti software yang sangat mudah sekali direproduksi tanpa ongkos dan diketahui oleh penciptanya ? ? ?
Kreasi adalah hasil dari ide atau gagasan seseorang, yang mempunyai nilai, baik dalam bentuk kongkret maupun abstrak. 
Software : Program Komputer merupakan sekumpulan intruksi yang diwujudkan dalam bentuk bahasa kode yang apabila digabungkan dengan media komputer, akan mampu membuat komputer bekerja melakukan fungsinya
Tujuan dari hak cipta perangkat lunak itu sendiri adalah untuk melindungi kreasi pencipta perangkat lunak ( Software ).
Maka dari itu dibuatlah UU Hak Cipta atas kekayaan intelektual dalam penggunaan software

v  UNDANG-UNDANG HAK CIPTA

Dalam melindungi karya yang telah diciptakan oleh seseorang dari berbagai ancaman pelanggaran yang berupa pemalsuan, penggandaan, penyiaran, pemameran, pengedaran atau penjualan hasil hak cipta maka pemerintah Republik Indonesia pernah meliliki undang-undang No 6 tahun 1982 tentang hak cipta sebagaimana diubah dengan Undang-undang No 7 tahun 1987 diubah dengan Undang-undang No 12 Tahun 1997 dan yang terakhir UU No. 19 th. 2002 yang selanjutnya disebut Undang-undang Hak Cipta.
Sanksi pelanggaran Undang-undang Hak cipta pasal 72
Peraturan Undang-undang Hak cipta yang terbaru terdiri atas 15 bab dan 78 pasal. Berikut ini adalah kutipan tentang ketentuan pidana dalam hal pelanggaran hak cipta yang telah diatur dan ditetapkan berdasarkan Undang-undang No 19 tahun 2002.
Pasal 72
(2) barangsiapa dengan sengaja menyiarkan, memamekan, mengedarkan, atau menjual kepada umum suatu ciptaan atau barang hasil pelanggaran hak cipta atau hak terkait sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dipidana paling lama 5 (lima) tahun atau denda paling banyak Rp.500.000.000,00 (Lima ratus juta rupiah).
(3) barangsiapa dengan sengaja dan tanpa hak memperbanyak penggunaan untuk kepentingan komersial atau suatu program computer dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan atau denda paling banyak Rp.500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah)
Dalam pasal 2 ayat (2) dinyatakan bahwa pencipta atau pemegang hak cipta atas karya sinimatografi dan program komputer memiliki hak untuk memberikan izin atau melarang orang lain yang tanpa persetujuannya  menyewakan ciptaan tersebut untuk kepentingan yang bersifat komersial.
v  Masa berlakunya Hak cipta
Pasal 30 Undang-undang No 19 thn 2002 menyatakan bahwa masa berlakunya Hak cipta atas ciptaan program computer dan database adalah 50 (lima puluh) tahun sejak pertama kali diumumkan.
Seiring dengan hal tersebut, pasal 31 ayat (2) juga menyatakan bahwa Hak cipta atas Ciptaan yang dilaksanakan oleh penerbit berdasarkan pasal 11 ayat (2) berlaku selama 50 (lima puluh) tahun sejak ciptaan tersebut pertama kali diterbitkan
v  Cara Menghargai HAKI
Menghargai hasil karya orang lain menunjukkan bahwa etika dan moral seseorang itu baik, terutama dalam menghargai karya dalam perangkat lunak teknologi informasi.
Penghargaan atas kreasi orang lain dapat dilakukan dengan cara :
    1. Menggunakan software yang asli dengan cara membeli nomor licensi.
    2. Tidak melakukan duplikasi, membajak, atau menyalin tanpa seizin perusahaan / pemilik.
    3. Tidak menggunakan untuk tindak kriminal ( kejahatan ).
    4. Tidak memodifikasi ( mengubah ), mengurangi, atau menambah hasil karya orang lain tanpa seizin perusahaan / pemilik










Saran saya selaku pencetak, sebaiknya makalah yang sederhana ini dapat digunakan dengan sebaik-baiknya untuk menuntun pengetahuan ke jalan yang lebih baik lagi.
































Terima kasih, semoga dapat bermanfaat…………………thank’s !!!!!!








           



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...