Jumat, 28 September 2012

Cara Merawat Flashdisk

Flashdisk merupakan alat penyimpan data tapi anda harus pintar-pintar merawatnya sebab flashdisk yang tak terawat bisa cepat rusak.

Berikut cara-cara merawat flashdisk agar awet:


  1. Ketika file yang ada didalam flashdisk  memang sudah tidak anda butuhkan lagi, lebih baik anda buang / hapus saja. Hal ini dimaksudkan agar flashdisk anda tidak terlalu kepenuhan
  2. Anda harus install antivirus. Baik yang berbayar ataupun gratisan silahkan saja. Contoh yang berbayar, misalnya antivirus yang bernama kaspersky. Key nya memang harus membeli. Untuk yang  antivirus gratisan, kami contohkan AVG untuk yang kelas internasional. Jika anda ingin merasakan proteksi ampuh dari virus lokal, anda gunakan yang bernama smadav.
  3. Jangan sampai flashdisk anda terjangkit "virus" yang banyak bertebaran dimana-mana. Virus yang dimaksud tentu saja virus komputer. berbagai macam virus sudah semakin banyak bertebaran dimana-mana.
  4. Klik kanan pada drive flashdisk anda, pilih propertis, kemudian anda pilih tools. nah, didalamnya akan ada beberapa opsi pilihan lagi, pilih saja error checking dan klik check now. Untuk mengecek mana saja yang error dalam flashdik anda.
  5. Proses defragment untuk menata file-file yang ada dalam flashdisk anda. Tetapi, jangan terlalu sering melakukan defragment ini, ini bisa merusak.
  6. Jangan sembarangan colok flashdisk anda di komputer lain. Kenapa tidak boleh? tentu saja ada alasannya. Seperti pada no.3 diatas, yaitu adanya virus yang setiap saat bisa menyusup ke dalam flashdisk anda.
  7. Jangan melakukan proses editing ketika anda mengetik misalkan dengan microsoft office word dan kawan-kawannya, dengar musik dari lagu yang ada di flashdisk, dan proses-proses lainya yang langsung bersumber dari file yang ada dalam flashdisk anda. Hal tersebut konon katanye flash akan cepet modar, lebih baik copy dulu ke tempat lainya.
  8. Ketika mencabut flashdisk anda, jangan asal cabut. Gunakan fasilitas safely remove hardware. karna akibatnya anda sudah tau yaitu ''rusak''
  9. Jauhkanlah dari jangkauan anak-anak. apalagi -3 tahun...  :)

Singkat kan????  ::)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...